Tuesday, March 27, 2007

Nyok Belajar Mewarnai

Minggu kemarin anaknya kakakku abis lomba mewarnai di TK se-kabupaten Serang, dan Alhamdulillah dapet juara 2..hmm.. lumayan. Jadi tergerak nih buat ngelatih Belva biar pinter mewarnai juga. Secara selama ini Belva sukanya corat-coret di dinding, maksudnya biar lebih terarah gitu lho. Apalagi bentar lagi dia kan mau masuk Play Group. Nyanyi udah bisa..mmm joget biar kata cuma goyang2 pantat udah bisa juga...trus..ya palingan mewarnai ini nih yang belum bagitu pinter. Pernah Bunda beliin buku mewarnai seri Animals dan Fruits (dulu banget), eee...yg ngisi malah mbaknya coba. Pantesan rapi banget. dasar.


Akhirnya buru-buru deh cari info yg sedetail-detailnya soal Mewarnai. Maksudnya biar nanti hasilnya maksimal. Ya soal kertasnya yang bagus kayak apa, Crayon yang mau dipakai, dsb..dsb.







Setelah cecarian dan tanya sana-sini, akhirnya dapet juga Website yang ada hubungannya sama Mewarnai. Berikut yg udah aku buka :

  1. www.pbskids.org/coloring/
  2. www.coloring.ws/animals.html
  3. www.coloringpage.org/
  4. www.dltk-kids/coloring.htm
  5. www.free-coloring-page.com
  6. www.coloringbookfun.com
  7. www.hefty.com

Selain diatas masih ada lagi nih :

Kurukumi http://papercraftmania.blogspot.com/

Mewarnai (coloring) online : http://games.funschool.com/game_spring_coloring_pages.html?g=9024&category=0&level=0


Point to point : http://www.coloriez.com/point3.php



Website Mewarnai Cartoon:

http://pbskids.org/coloring.html

Elmo dkk : www.sesameworkshop.org/sesamestreet/

Dora, Blue, dkk : http://www.nickjr.co.uk/play/index.aspx

Barney : http://pbskids.org/barney/children/games/index.html

Teletubbies : http://www.bbc.co.uk/cbeebies/teletubbies/funandgames/

Pooh n the gank : http://disney.go.com/characters/pooh/index.html

http://www.coloriez.com/

Mewarnai Snoopy: http://www.coloriez.com/images/coloriages/rubrique.php?id=111 (16 gambar)

Mewarnai Aladdin http://www.coloriez.com/images/coloriages/rubrique.php?id=81

Little Mermaid (Ariel): http://www.littleariel.com/Coloring.htm (putri duyung kecil)

Dora The Explorer: http://coloring-book-pages.com/dora_coloring_pages.html

Kupu2 (interactive): http://www.christiananswers.net/indonesian/kids/coloring-butterfly-indo.html

Mewarnai (bhs. Indonesia): http://www.christiananswers.net/indonesian/kids/clr-indx-indo.html

Stawberry Shortcake: http://www.geocities.com/wishingstarsgalaxy/ssccolor2.html

Club Coloring (Klub Mewarnai) : http://groups.yahoo.com/group/KlubMewarnai/

Sebenarnya masih banyak kalo mau nyari. Tapi Bunda rasa itu udah lebih dari cukup. Lagian antara satu sama lain biasanya menunya agak sama.

Nah, sekarang mulai cari alat-alatnya. Apa aja sih yang diperlukan kalo mau belajar mewarnai. Yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Kertas
  2. Crayon

Crayon ini kadang bisa menentukan bagus enggaknya sebuah gambar, selain kemampuan si anak itu sendiri tentunya. Crayon yang bagus dan cucok sekali untuk lomba namanya "Carandache". Buatan Swiss.

Crayon ini ada berbagai macam jenis, untuk pemula pakai aja NeoColor I, untuk isi 30, harganya sekitar Rp. 200.000,-. Untuk lanjutan dan untuk warna tambahan bisa dipakai NeoColor II. Kalau yang suka pastel, bisa pakai NeoPastel. Kalau yang suka warna mengkilat, bisa beli lagi tambahan warna2 mengkilat (Silver,gold, dll)

Crayon ini memang agak susah dicari. Kalau di Bekasi bisa beli di toko Intermedia di daerah pertokoan Kemang Pratama (di seberang sekolah Marsudirini).

Bisa juga beli di Sanggar Gambar (Nama sanggarnya Cissie di daerah Sunter, Cissie selain senang menggambar juga seorang dokter).

Hasil gambar dengan crayon Carandache (karandash) memang jauh lebih halus dibanding dengan merek crayon lainnya, tapi ada yang bilang karakter crayonnya jadi kabur saking terlalu halusnya. Menurut beberapa guru gambar, teknik menggambar dengan crayon yang saat ini sering diajarkan untuk tingkatan pemula (anak-anak) sering menyalahi karakter crayon yang memang tidak diperuntukkan untuk menonjolkan kehalusan gradasi warna. Akibatnya, meskipun hasil gambarnya bagus, namun karakter crayonnya jadi tidak menonjol. Kalau mau dipakai untuk berlomba memang krayon ini hasilnya dijamin jauh lebih bagus dibanding merek lainnya, tapi kalau mau lebih fair mestinya disyaratkan memakai merek crayon yang sama.

NeoColor 1 memang merupakan formula baru dimana bahannya merupakan gabungan antara oil(minyak) dan wax (lilin). Neocolor 1 sendiri mulai masuk Indonesia (kurang lebih) sekitar awal 2002, memang termasuknya belum lama, yang artinya sebelum Neocolor 1 masuk, kebanyakan pengguna crayon di Indonesia hanya disodori 2 pilihan yang oil atau wax.

Namun banyak pilihan pengguna jatuh ke oil (yang dikenal sebagai OIL PASTELS) karena untuk yang type wax terlalu licin dan keras sehingga hasil goresan di atas kertas menjadi tidak jelas/ kurang indah.

Sedangkan yang jenis oil menjadi populer karena goresannya mempunyai karakter yang kuat, sehingga tidak jarang pelukis/ perupa memakai Oil Pastels untuk berkarya.

Teknik Oil Pastels sendiri cukup variatif dan dapat menghasilkan karya dengan nilai estetika yang tinggi.

Karakter goresan oil pastels cenderung kasar/ bertekstur, sehingga ini yang banyak dimanfaatkan sebagai kelebihan Oil Pastels yang tidak dimiliki oleh media lain; ada juga yang mengangkat goresan tersebut dengan campuran cat air sehingga karakter goresan oil pastels semakin kuat.

Di luar Indonesia, media Oil Pastels merupakan media yang banyak digunakan untuk berkarya Seni, bahkan tidak jarang karya mereka disertakan dalam Pameran-pameran Internasional.

Kelebihan Neocolor 1 sendiri jelas lebih halus, warna lebih cerah, serta tidak banyak menyisakan 'ampas' yang sering membuat gambar menjadi kotor, namun Neocolor 1 memang bukan Oil Pastels, yang memang tidak akan bisa menghasilkan goresan seperti Oil Pastels, jadi agak susah membandingkan 2 bahan yang berbeda.

Hmm..semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, khususnya buat saya sendiri.Hehehe..




7 comments:

kikaedutoys.blogspot.com said...

Haloo..bunda.

Crayon carandache mahal juga ya... terakhir aku lihat di salah satu toko buku terkenal di jakarta harganya 350rb, tp hasil pewarnaannya emang oke banget sih..kalau ada lomba gambar yang menang mesti yang pake carandache.

Little Wings said...

Bunda banyak banget link-lilnk nya. makasih ya buat referensi...

love-ra said...

oya bunda, untuk belajar menggambar pemula itu sebaiknya pakek alat apa si??? apa krayon, pensil warna, sepidol, cat air... ato yang apa ya? saya punya adik. belum masuk TK. dia suka banget menggambar. selama ini hanya pakek pensil aja. penginnya si aku belikan yang berwarna agar gambarnya juga penuh warna. tapi apa yang sebaiknya aku beli juga bingung.

faith said...

Jika anda ingin mewarnai halaman, di sini adalah dingin situs Anda ingin melihat:)
http://thecolor.com
Bebas dan mewarnai halaman dicetak di dalam!

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Karaoke Boy said...

makasih ya untuk informasinya.....mo keluar beli males...he...he...jadi download aja deh...thx

Tati Handayani said...

trims yaaa......untk infonya.....